ANALISIS PENGARUH GAME ONLINE TERADAP PRILAKU SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Anggun Nadiya Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Fatiyah Ummul Izzah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Fiolga Prezilia Bahri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Tri Mayang Sari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ines Tasya Jadidah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.62668/jimr.v3i01.879

Kata Kunci:

Dampak negatif, dampak positif, game online, minat belajar

Abstrak

Penelitian ini berjudul Analisis Pengaruh Game Online Teradap Prilaku Sosial Anak Sekolah Dasar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Analisis Pengaruh Game Online Teradap Prilaku Sosial Anak Sekolah Dasar. Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan agar (1) memahami konsekuensi dan juga dampak dari game online (2) menggambarkan cara supaya mengatasi peserta didik yang ketagihan game online (3) menyelidiki kenapa anak-anak kebanyakan berminat ke game online ketimbang belajar.  Metode yang dipakai didalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Metode  kualitatif merupakan observasi deskriptif yang menggabungkan informasi sebesar besarnya mengenai suatu topik yang belum menunjang mutu pengajaran. Penelitian kualitatif ditandai dengan dilakuknnya penelitian langsung dari data langsung. Penelitian dipertunjukkan dalam bentuk gambar, kata, serta angka. Metode penelitian ini tidak dibuat-buat oleh peneliti, serta analisis data diambil kesesuaiannya dengan peristiwa nyata dilapangan. Populasi serta sampel penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas IV A, sebanyak 20 orang dengan rincian 9 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian dilaksanakan di SDN 39 Palembang. Hasil penelitian menyatakan dampak dari bermain game dapat menghambat perkembangan kepribadian anak, contohnya mencakup perilaku memberontak, membantah, berkelahi, kepribadian individualisme, serta minimnya peduli kepada orang lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Harif Siswanto, Nurul Haniza, & Achmad Rosyad. (2023). MEDIA MASSA ONLINE DAN KESADARAN SOSIAL GENERASI MILENIAL. DE FACTO : Journal Of International Multidisciplinary Science, 1(02 Agustus), 85–95. Diambil dari https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/defacto/article/view/779

Afriani, M., Suryati, & Lena Marianti. (2023). ANALISIS TAYANGAN SINETRON IKATAN CINTA DI RCTI TERHADAP PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT ILIR BARAT II RT.34 RW.07 PALEMBANG. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 2(02 April), 97–107. Retrieved from https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/bharasumba/article/view/321

Anggi Sirka Rinta, & Fuaddilah Ali Sofyan. (2022). BENTUK SIKAP POSITIF DAN TINDAK TUTUR DALAM ANIMASI "BING BUNNY" BERSEMBUNYI. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 13–20. Diambil dari https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/JIMR/article/view/142

Amirullah. (2022). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL AUDITOR TERHADAP KINERJA AUDITOR PADA KANTOR INSPEKTORAT KOTA KENDARI. SIGNIFICANT : Journal Of Research And Multidisciplinary, 1(02 Desember), 39–47. Diambil dari https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/significant/article/view/357

Arianto, tri R. (2016). DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PELAJAR TRI. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071-2079.

Ariston, Y, P., & Singkawang, S. (2018). SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86-91.

Aswati, Bakhtiar Abbas, & Ruslan. (2023). PENGARUH PERASAAN BAHAGIA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI SULAWESI TENGGARA. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 2(04 Oktober), 253–272. Retrieved from https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/bharasumba/article/view/803

Dike Febriana, & Fuaddilah Ali Sofyan. (2022). ANALISIS PENGEMBANGAN BAKAT TERHADAP KECERDASAN MUSIKAL DALAM ANIMASI “BING BUNNY : MOMENT MUSIKAL”. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 21–28. Diambil dari https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/JIMR/article/view/141

Ghanang, R. (2020). ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE PADA INTERAKSI SOSIAL ANAK DI SD MINTARAGEN 3 KOTA TEGAL, Universitas Negeri Semarang, 172,

Johan, R. (2019). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT UNTUK BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MA AL HIDAYAH DEPOK. Research and Development Journal of Education, 5(2), 12.

Ines Tasya Jadidah, Ani Rahayu, Hanum Salsa Bella, Julinda, & Tiara Widya Anggraini. (2023). PENGARUH MEDIA DIGITAL TERHADAP SOSIAL BUDAYA PADA ANAK USIA SEKOLAH. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(04 Desember), 253–268. Retrieved from https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/Kapalamada/article/view/830

Irwan. (2022). PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SASTRA TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A DI TK MELATI. PARADIGM : Journal Of Multidisciplinary Research and Innovation, 1(01 Februari), 20–27. Diambil dari https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/paradigm/article/view/374

Keysha Alea Amanah Fatiha, Yulia Tri Samiha, Lisa Puspita Indarissyifa, Meyana Dewi, Sri Dewi Sartika, & Tri Adha Mayang Sari. (2023). ANALISIS MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN IPS: Analysis increases students’ intelligence in social studies learning. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01 Juni), 64–70. Diambil dari https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/hypothesis/article/view/628

Lasmini, Lisa Pingky, Evi Sri Raudho, & Lidia Oktamarina. (2022). GANGGUAN PERKEMBANGAN SOSIAL AGAMA DAN MORAL DILIHAT DARI PANDANGAN: PSIKOANALISA, PSIKOLOGI SOSIAL, PSIKOLOGI ISLAM (GANGGUAN BIPOLAR). Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(03 July), 279–288. Retrieved from https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/bharasumba/article/view/200

Lisa Pingky, Nisa Permata Sari, Feny Anisa, Dila Septianingrum, Nurjanah, & Fuaddilah Ali Sofyan. (2022). ANALISIS PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI PADA TONTONAN KONTEN YOUTUBE THOMAS AND FRIENDS (JUDUL PERMOHONAN AJAIB ULANG TAHUN THOMAS). Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(03 July), 206–215. Retrieved from https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/bharasumba/article/view/202

Nurmalitasari, F. (2015). PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH. Buletin Psikologi, 23(2), 103

Paremeswara, M. C., & Lestari, T. (2021). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI DAN SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR. Pendidikan Tambusai, 5(1), 1473-1481.

Pitaloka, A. A. (2013). PERILAKU KONSUMSI GAME ONLINE PADA PELAJAR (STUDI FENOMENOLOGI TENTANG PERILAKU KONSUMSI GAME ONLINE PADA PELAJAR DI KELURAHAN GEMOLONG, KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2013) Ardanareswari. 1-10..

Putra, N. K. W. (2017). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri,

Rahman Shaadikin, La Ode Khairun Mastu, Zunardin, Fitria A, & Yadir. (2022). PERAN PELABUHAN PERIKANAN TERHADAP KEMAJUAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DI WANGI-WANGI SELATAN KABUPATEN WAKATOBI. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(01 Maret), 116–126. Retrieved from https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/Kapalamada/article/view/91

Selly Salsabilla, Lidia Oktamarinda, Indiyani Rahmayanti, Paramita Lestari, & Muslimah. (2023). EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI (STUDI DI TK KEMALA BHAYANGKARI 01 PALEMBANG). SIGNIFICANT : Journal Of Research And Multidisciplinary, 2(02 Desember), 128–138. Diambil dari https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/significant/article/view/851

Sisi Gustina, Dela Yuwinsi, & Retno Wulandari. (2022). UPAYA KELOMPOK BERMAIN DALAM PROSES SOSIALISASI DILEMBAGA PENDIDIKAN. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(03 July), 329–336. Retrieved from https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/bharasumba/article/view/225

Susmiarni, A., Rana, Nurul Wathon, & Yecha Febrieanitha Putri. (2023). METODE PENGUKURAN DAN PENILAIAN PENGASUHAN: SERTA PENGASUHAN MENURUT RAGAM SOSIAL BUDAYA. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01 Juni), 34–43. Diambil dari https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/JIMR/article/view/616

Titin Rahayu, Chintya Putri Hesa, Septi Andriani, Diah Pangestuti, & Yecha Febrieanitha Putri. (2022). METODE PENGUKURAN DAN PENILAIAN PENGASUHAN: SERTA PENGASUHAN MENURUT RAGAM SOSIAL BUDAYA. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(03 July), 320–328. Retrieved from https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/bharasumba/article/view/223

Ulya, L., & Fatuhurohman, L. (2021). ANALISIS KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP KEPRIBADIAN SOSIAL ANAK. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1112-1119.

Windi Miranti, Azah Nadya Balqista, Esi Maharani, Jeni Triagustriani, & Yecha Febrieanitha Putri. (2022). PENGASUHAN : SERTA PENGASUHAN MENURUT RAGAM SOSIAL BUDAYA. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(02 April), 123–131. Retrieved from https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/bharasumba/article/view/193

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA COVID 19. Edukatif Jurnal Umu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Yusup, L. R., Kurniati, T., Airin, A. L. P., & (2021). PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP. Jurnal Educatio FKIP, 7(1), 36-39.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Nadiya, A. ., Ummul Izzah, F., Prezilia Bahri, F., Mayang Sari, T., & Tasya Jadidah, I. (2022). ANALISIS PENGARUH GAME ONLINE TERADAP PRILAKU SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 3(01), 54–64. https://doi.org/10.62668/jimr.v3i01.879