PEFORMA LOAD CELL SETIAP SPOUT FILLING STASION PADA ROTARY PACKER DI PT SEMEN BATURAJA (PERSERO) Tbk

Authors

  • Danu Saputra Triyadi Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Safaruddin SMBR Learning Development
  • Anang Septian Junior Manager Packer and Loading

DOI:

https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i04%20Desember.349

Keywords:

semen, rotary packer, sensor, loadcell

Abstract

Telah dilakukan pengukuran waktu untuk membandingkan berat kantong semen yang dihasilkan setiap spout filling Station menggunakan Load Cell yang terdapat pada rotary packer di PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. Nilai ukur antara sensor load cell yang ada pada timbangan digital dan nilai ukur pada timbangan konvensional atau manual terkadang memiliki perbedaan yang sangat signifikan diantara keduanya, hal ini biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan nilai ukur tersebut pengujian ini dilakukan untuk mengetahui sistem mana yang lebih efisien dan akurat dalam melakukan suatu perhitungan berat satu sak semen dan selanjutnya akan dianalisa dan dibandingakan hasil pengukuran tersebut untuk mengetahui tingkat efisiensi dari load cell. Load Cell digunakan untuk mengukur berat kantong semen sampai mencapai target 50 Kg, dan terpasang dalam setiap filling station di rotary packer yang berjumlah 8 spout. Untuk melakukan perbandingkan hasil berat yang terukur pada setiap spout filling station, maka dilakukan metode deskriptif observatif dengan pendekatan kuantitatif melalui pengukuran dan pencatatan hasil data berupa waktu (s) dan berat (Kg) kantong terisi  penuh dalam satu putaran di setiap spout filling station dengan kecepatan rotary packer 75% dari 1430 rpm dan tekanan udara 6,5 bar dengan dua kali percobaan sebagai acuan dengan data lain.Setelah melakukan perbandingan berdasarkan penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pengukuran berat kantong berbeda-beda dan dipengaruhi oleh faktor eksternal, yaitu berupa material asing ikut tertimbang, tidak optimal dengan bukaan piston, blade impeller bengkok, dan aerasi kurang dari 6 bar. Maka, diperlukan adanya pembersihan debu yang menempel di sekitaran filling station dan kalibrasi load cell secara berkala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M., & Zoraya. (2014). Pengendalian Kualitas Blaine (Kehalusan) Semen

Terhadap Kuat Tekan Pada Industri Semen Di PT. Semen Baturaja (Persero)

Bagas Dwi Nugraha, Safaruddin, & Andi Dwi Andre. (2022). Analisis Sistem Starting Soft Starter Motor Listrik PT.Semen Baturaja. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03 September), 412–419. Retrieved from https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/Kapalamada/article/view/280

Haver&Booker Ohg, 2016. Original Operating Manual: Packing Machine, Germany, 2016.

Hutasuhut, A. D., Lutfi, I., Evelina. (2021). Analisa Keberhasilan Penggunaan Sistem Protection Interlock Dengan Parameter Load Cell Di PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. ENACO: Electro National Conference, 1(1), 91-98.

Irawan, E. D., Prihatini, E., & Pratama, D. A. (2021). Performa Sensor Pendeteksi Kantong Semen Pada Rotary Packer Di PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk. ENACO: Electro National Conference, 1(1), 83-90.

Putranto, A., Mukti, A., Sugiono, D., Karim, S., Eric, A., Rawung, A., Susa’at, S., & Sugiono, Teknik Otomasi Industri untuk SMK Jilid, Jakarta, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2018.

PT. Semen Baturaja, Tugas Akhir Calon Karyawan: Alat Packer Tiga, Baturaja, PT. Semen Baturaja (Persero), Tbk, 2014

Seftian, A., Muslimin, S., & Wijanarko, Y(2021). Analisa Permasalahan Bag Apllicator Sebagai Alat Penyusunan Semen Zag Secara Otomatis Di PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk. ENACO: Electro National Conference, 1(1), 272-280.

Syam, R., Dasar-Dasar Teknik Sensor, Makassar, Universitas Hasanuddin, 2013 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman. Purbalingga, 2018.

Vinsensius Galih Adi Kurniawan. (2022). Analisis Persediaan Bahan Baku Pasir Besi Di PT.Semen Baturaja. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03 September), 406–411. Retrieved from https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/Kapalamada/article/view/279

Van der wol, G., 2015. Rangkaian Eletro Teknik, Jakarta, Erlangga.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Danu Saputra Triyadi, Safaruddin, & Anang Septian. (2022). PEFORMA LOAD CELL SETIAP SPOUT FILLING STASION PADA ROTARY PACKER DI PT SEMEN BATURAJA (PERSERO) Tbk. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(04 Desember), 438–446. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i04 Desember.349