ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTERISTIK AKHLAK ANAK USIA SD/MI DI ERA SOCIETY 5.0

Penulis

  • Indriani UIN RADEN FATAH PALEMBANG
  • Astrid Putri Pratiwi UIN RADEN FATAH PALEMBANG
  • Jauhara UIN RADEN FATAH PALEMBANG
  • Lailatul Mukjizat UIN RADEN FATAH PALEMBANG
  • Siti Fatimah UIN RADEN FATAH PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.62668/significant.v2i01.650

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Akhlak, Anak Usia Dini, Society 5.0

Abstrak

Upaya menanamkan perilaku yang baik, mulia pada anak merupakan pendidikan karakter pada anak usia dini. Lingkungan dimana anak berada dapat menjadi bagian dari pendidikan karakter anak. Keluarga adalah lingkungan pertama bagi anak sehingga orang tua dan keluarga memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan sikap yang baik pada anak. Anak-anak memerlukan bimbingan dari orang yang lebih dewasa, baik orang tua ataupun guru. Karakter sendiri diartikan sebagai akhlak, budi pekerti, tabiat ataupun perangai yang menjadi kebiasaan. Usia dini merupakan masa yang kritis dalam perkembangan individu sehingga pendidikan karakter diperlukan sejak usia dini. Society 5.0 memberikan contoh bagaimana data dapat digunakan untuk mengerahkan dan menghubungkan segala hal, termasuk mengatasi masalah sosial. Di era society 5.0 manusia dituntuk untuk mempunyai kemampuan lebih dalam memecahkan masalah yang kompleks, kreatif dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memberikan gambaran bahwa pendidikan moral dan agama sangat penting untuk anak dalam menghadapi era society 5.0. Transformasi  pendidikan  telah  berkembang  secara  pesat,  seiring  dengan teknologi  yang  semakin berkembang membuat  sistem, metode  pembelajaran, teknologi  dan hal lainnya berubah  termasuk  karakter yang ada pada siswa. Pendidikan karakter juga harus dibangun bersama oleh keluarga, sekolah, serta lingkungannya. Sekolah merupakan tempat yang dinilai tepat untuk proses pembentukan pendidikan karakter pada siswa. Dampak Pendidikan karakter sosial era society 5.0 terhadap perilaku anak sekolah dasar adalah sebagaimana yang dijelaskan bahwa pendidikan karakter merupakan upaya yang disegaja secara sistematis untuk mengembangkan kebajikan yang berdampak positif baik individu maupun lingkungan sosial dan prosesnya tidaklah instan, melainkan melalui usaha pembiasaan. Dalam mempersiapkan tantangan era society 5.0 desain kurikulum pendidikan menyebutkan beberapa poin substantif  yaitu pendidikan karakter, memiliki kemampuan berpikir kritis dan inovatif, serta mampu mengaplikasikan teknologi pada era society 5.0. melihat bagaimana perkembangan teknologi dapat mempengaruhi kehidupan sesorang maka diperlukan penanaman karakter terutama pada anak usia dini. Terkait bagaimana pendidikan karakteristik akhlak anak pada era tersebut, maka artikel ini akan memuat tentang “Analisis pendidikan karakteristik akhlak anak usia Sd/mi di era society 5.0”.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bambang Yuniarto, Rivo Panji Yudha, LITERASI DIGITAL SEBAGAI PENGUATAN

PENDIDIKAN KARAKTER MENUJU ERA SOCIETY 5.0, Jurnal Edueksos Vol. X, No.2, Desember 2021

Dafiq, N. (2022). Pentingnya Pendidik dalam Penerapan Teknologi Menghadapi

Era Society 5.0 yang Berimplementasi Akhlak pada anak Marjinal.

Devianti, S. d. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal

Pendidikan dan Konseling.

Hamid, A. S. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Imron, dan Mukhlis, Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah

Dasar Di Era Society 5.0, Jurnal, Universitas Muhammadiyah Magelang,

Kinanti, M. R. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Standarisasi Pendidikam Menuju Era Human Society 5.0. Jurnal .

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter di Sekolah: Revitalisasi Peran Sekolah dalam Menyiapkan Generasi Bangsa Berkarakter. Yogyakarta: Samudra Biru Yogyakarta.

Mulianah Khaironi, PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI, Jurnal Golden

Age Universitas Hamzanwadi, Vol. 01 No. 2, Desember 2017.

Putri, M. d. (2022). Peran Guru Akidaah Akhlak dalam Membangun Peserta Didik yang Berakhlakul Karimah di Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Ramli, M. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Ridwan, A. (2017). Pendidikan Karakter: mengembangkan karakter anak yang islami. jakarta: PT Bumi Aksara

Rohmat Mulyana Sapdi, Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di

Era Society 5.0, Jurnal Basicedu Vol. 7 No. 1, 2023.

Syahri, A. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Islamic Boarding School. Malang: Literasi Nusantara.

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam

Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-11

Cara Mengutip

Indriani, Putri Pratiwi, A., Jauhara, Mukjizat, L., & Fatimah, S. (2023). ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTERISTIK AKHLAK ANAK USIA SD/MI DI ERA SOCIETY 5.0. SIGNIFICANT : Journal Of Research And Multidisciplinary, 2(01), 76–81. https://doi.org/10.62668/significant.v2i01.650